4
PROFIL PELAKU BISNIS SUKSES DI INDONESIA
Di indonesia banyak pelaku bisnis muda yang
telah mengecap kesuksesan dalam berbisnis dengan berbagai rintangan yang
berbeda beda kini saya akan menjelaskan profil 4 pelaku bisnis sukses di
indonesia diantaranya :
Profil Biografi & Kisah
Sukses Pengusaha Muda Hamzah Izzulhaq
Profil Singkat Hamzah Izzulhaq
Nama
:
Hamzah Izzulhaq
Tempat
Tanggal Lahir :Jakarta 26
April 1993
Job
:Enterperneur
Muda Bidang Franchise Dan DIREKTUR CV HAMASA
Facebookk
: https:/www.facaebook.com/fanspagehamzahizzulhaq
Hamzah
sudah belajar berisnis mulai usia dini pada waktu kelas 5 SD dengan mulai
menjual beberapa macam permainan seperti kelereng, petasan, dan berbagai macam
permainan lainnya.
Mulai
beranjak dewasa pada waktu masuk jenjang SMA hamzah mulai berbisnis dalam
bidang pulsa dan buku-buku dengan melobi pamannya yang mempunyai toko buku yang
besar Hamzah mulai menjadi Distributor dari situ hamzah mengantongi Rp 950 ribu
Uangjerih
payah dari hasil penjualan pulsa dan buku kemudian ditabungnya, sebagian
dipakai untuk membuka konter pulsa dimana bagian operasional diserahkan kepada
teman SMP nya sementara Hamzah hanya menaruh modal saja, sayangnya bisnis itu
tak berjalan lancar karena Hamzah ditipu oleh temannya dikarenakan kerugian itu
hamzah memutuskan untuk menutup usahanya itu selama 3 bulan.
Hamzah
tidak berputus asa dan kembali lagi merenungi kesalahannya dan membaca biografi
pengusaha-pengusaha besar tak lama kemudian ia berjualan snack-snack roti dan
meraup keuntungan 5 juta dan setelah itu ia beretemu dengan mitra bisnis yang
menjual frachise bimbel seharga 175 juta tetapi hamzah tidak punya uang sebesar
itu kemudian dia harus pinjam kepada ayahnya hanya meminjam 70 juta yang
semestinya untuk dibelikan mobil.
Hamzah
melobi untuk membayar 75 juta dulu sisanya yang 100 juta untuk dicicil. Di
bisnis bimbel ini peruntungan hamzah tiba. Seiring dengan lulusnya hamzah dari
SMA, Hamzah sudah memegang 3 lisensi frachise, jumalh siswa yang diatas 200
orang, omzet 360 juta per semester, dengan untung bersih 180 juta per semester.
Merasa
bisnis bimbelnya sudah mulai stabil dan isa didelegasikan. Hamzah melirik
bisnis sofabed. Sebuah perusahaan sofabed sudah jalan tiga bulan dia beli dan
dia kembangkan. Perkembangannya yang cukup pesat membuat Hamzah bisa
mengantongi omzet 160 juta perbulan.
Berikut adalah tips bisnis ala Hamzah
Pertama,
memperbaiki hubungan dan kualitas komunitas atau lingkungan kita.
Kedua, bagi anda yang ingin memulai
bisnis, janganlah memulai dari nol, maksudnya kalau istilah tangga, ada tangga
1 sampai 5, maka kita mulailah di tangga yangke 4 atau ke 5. Misalnya
meneruskan suatu usaha yang sudah dirintis orang lailn.
Ketiga, jangan No action Talk Only)
Keempat, perbaiki hubungan kualitas kita
dengan orang tua dan Tuhan.
Kelima,
ingat kepada orang lain. Selalu tanamkan
makna “ the power of giving”, bersedekah, berbagi dengan orang lain
Profil
Biografi & Kisah Sukses Pengusaha Bob Sadiyono
Biografi Bob Sadiono
Nama
: Bob Sadiono
Tempat,
Tanggal Lahir : Lampung, 9 Maret 1993
Bob
Sadiono adlah seorang pengusaha yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan.
Ia adalah pemeliki dari jaringan usaha kemfood dan Kemchick. Bob terlahir di
keluarga yang berkecukupuan. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya unutk
berkeliling dunia. Dlam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap
selama kurang lebih 9 tahun. Disana, ia bekerja di Djakarta Liyod di kota
Amsterdam dan juga di Hambrug. Setelah kembali ke indonesia Bob bertekad untuk
memiliki usahanya sendiri. Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar
dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki dengan ia
sendiri yang menjadi supir, Namun sayang suatu keitika ia mengalami kecelakaan
yang mengakibakan mobilnya rusak parah. Bob beralih menjadi tukang batu dengan
gai hanya 100 ribu,-. Ua oyn sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang
dialaminya. Bob tertarik, ketika beternak ayam itulah mucul inspirasi
berwirausaha. Bob tentu manusian pun juga bisa.
Sebagai
peternak ayam, Bob dan istrinya, setiap hari menjual bebrapa kilogram telor.
Dalam tempo saru etengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan,
terutama orang asing karena mereka gasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya
tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, di mana terdapat banyak menetap orang
asing. Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelangga, babu orang asing
sekalipun. Namun mereka mengaca pada diri nya sendiri, mempervaiki pelayanan.
Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob, dari pribadi feodal, menjadi
pelayan. Setelah itu lama kelamaan Bob menjadi pemilik tunggal super market
(pasar swlayan) Kem Chicks. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek.
Bisnis
pasar swalayan Bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis, khususnya
holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di
Indonesia. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa
daerah. Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi
kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya
sering jungkir balilk. Baginya uang bukan yang nonor satu. Yang penting
kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap
peluang. Catatan awal 1985 menunjukkan, rata-rata per bulan perusahaan
Bob menjual 40 sampai 50 ton daging segar, 60 sampai 70 ton daging olahan, dan
100 ton sayurang segar.
“
saya hidup dari fantasi,” kata Bob menggambarkan keberhasilan usahanya. Ayah
dua anak kecil ini lalu memberi contoh satu hasil fantasinya, bisa menjual
kangkung Rp 1.00 per kilogram. “di manapun tidak ada orang jual kangkung
denganharga segitu” kata Bob.
Sumber :
echomouse.blogspot.com>2013>03>perjalanan-hidup-bob-sudiono
Profil Biografi & Kisah Sukses Pengusaha Kolonel Harland Sanders
Biografi Kolonel Harland Sanders
Nama: Kolonel Harland Sanders
Tempat Tanggal Lahir : 9 September 1980
Kolonel mulai aktif dalam mewaralabakan (francishe) bisnis ayamnya pada
usia 65 tahun. Saat inim usahanya yang dikenal dengan Kentucky Fried Chicken
dunia atau KFC telah tumbuh menjadi salah satu usaha yang terbesar dalam sistem
makanan siap saji di Indonesia. Sosok Kolonel Sandres, pionir dalam restoran
siap saji menjadi simbol dari satu miliar ayam goreng hasil resep kolonel
dinikmati setiap tahunnya. Dan itu tidak hanya di Amerika Utara. Bahkan
tersedia hampir 80 negara di seluruh dunia.
Pada umur 6 tahun, ayahnya meninggal dunia. Ibunya sudah tidak bisa
bekerja lagi, dan Harland sudah harus menjaga adik laki-lakinya yang baru
berumur 3 tahun dan suster bayinya. Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk
keluarganya. Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat
masak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertama nya didekat
pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan, ketika berumur 12 tahun ibunya kembali
menikah dan ia meninggalkan rumah nya dekat Henryville, Ind., pertaninan di
derah Greendwood, Ind. Dia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun,
pertama sebagai tukan parkir pada usia 15 tahun di New Albany, pada usia 16
tahun menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan di Kuba. Setelah itu dia
menjadi tukang pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondensi.
Praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapa feri, penjual ban, dan
ooperator baengkel. Pada usia 40 tahun Kolonel mulai memasak untuk orang yang
berpergian yang singgah di bengkelnya di Corbin, ia belum punya restoran pada
saat itu, tetapi ia menyajikan makanannya pada meja makannya di ruang makan di
bengkelny. Semakin banyak orang yang kapasitasnya sebanyak 142 orang. Selama
hapir 9 tahun ia menggunakan reesp yang dibuatnya dengan teknik dasar memasak
hingga saat ini Citra Sander semakin baik. Inilah kegigihan Kolonel Sanders
pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dian memulainua di usia 66 tahun,
pensiunan angkatan darat dari degara adidaya, tidak memiliki uang sepeserpun
kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Dia memiliki keahlian
dalam memasak, dia tawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di
negaranya. Akhirnya restoran yang ke 1008, menerima resepnya tersebut dan kini
kita dapat menikmatinya di Indonesia, Kentucky Fried Chicken.
Sumber:
kisahsukses818.blogspot.com>2013>04
Profil Biografi & Kisah
Sukses Pengusaha Martha Tilaar
Biografi
Nama :
MarthaTilaar
Tempat, Tanggal
Lahir : Kebumen Jawa Tengah, 4 September 1937
Martha mengambil kuliah di luar negeri dengan
jurusan kecantikan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington.
Indiana, AS. Begitu lulus dari akademi kecantikan Martha segera membuka praktek
salon kecantikan di negeri paman sam itu. Ia membuat selembaran brousure
sedesrhana, mempromosikan jasa layanan salonnya. Berbagai usaha oromosi
dilakukan seperti masuk ke kampus-kampus, mendatangi rumah-rumah mantan dosen
untuk mendandani para istrinya. Begitu pula kepada mahasiswa-mahasiswa
Indonesia, atau ibu-ibu yang mengikuti suaminya tugas di luar negeri.
Sekembalinya ke tanah air, Ia membuka salon
sederhana di grasi rumah milik ayahnya, dengan ukuran 6 x 4 meter pada tahun
1970. Ia terus percaya menegembangkan salonnya itu, dengan membagikan
selebaan-selebaran ke lingkungan sekitar, menjajakan para pengunjung salon dan
mengajak mereka bercakap-cakap, untuk mendekatkan emosional.
Pada tahun 1972 Ia membuka salon kedua di Jln. Anggur no 3 Cipete, Kebayoran
Baru Jakarta Selatan. Sambil memulai penggunaan merek dagang baru Sariayu
Martha Tilaar, merek kyang jika diartikan? Sarinya Wong Ayu ??. martha juga tak
kenal lelah Ia terus mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia tetap terpelihara
kecantikan dan keayuannya..
Menginjak tahun 1977 Martha Tilaar menjajaki
kerja sama dengan Theresia Harsini Setiady, dari PT Kalbe Farma. Mereka sepakat
membuat perusahaan kosmetik dan jamu, namanya PT Martina Berto, dan meluncurkan
Sariayu Martha Tilaar sebagai produk pertama. Kemudian dengan membuka pabrik
kosmteik pertama oleh Ny Nelly Adam Malik, saat itu istri Wakil Presiden Adam
Malik. Tahun 1993 Martha Tilaar medirikan PT Sari Ayu Indonesia, khusus sebagai
distributo produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar. Tahun 1986 Martha Tilaar
membuka pabrik kedua, kali ini di Jln. Pulokambing II/I, masih di areal sama
Kawasan Industri Pulogadung yang kali ini diresmikan oleh Ny. Karlimah Umar
Wirahadikusumah, istri Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah.
Sumber:
www.academic.edu>BIOGRAFI-PENGUSAHA-SUKSES
TERDAPAT 5 MASALAH BISNIS DI
INDONESIA
1.
Belum Terwujudnya SDM Unggul
SDM unggul menjadi mutlak diperlukan apapun
bidang maupun sektor yang akan kita perkuat. Dan untuk dapat bersaing,
Indonesia perlu unggul dalam SDM. Dokter unggul, pedagang unggul dan berbagai
profesi lainnya yng mestinya unggul, lebih dari sekedar mampu. Untuk itu,
Indoneia harusnya sudah fokus terhadap peningkatan kualitas SDM unggul agar
mampu dan sesuad AFTA 2015. SDM dipercaya satu-satunya aset Negara yang paling
berharga yang harusnya dijaga dan ditingkatkan untuk dapat memenangkan
persaingan. Semakin tinggi kualitas SDM maka semakin kokoh jugalah peratahanan
bangsa ini. Sebaliknya semakin rendah kualitas SDM-nya maka semakin mudah
bangsa lain menguasai Negara ini. SDM unggul bisa tercapai jika sistem
pendidikan di Indonesia juga bam bik. Pola pikir masyarakat yang belum
berorientasi pada kualitas dan kurang fokus terhadap kemandirian harus segera
diubah. Karena AFTA 2015 adalah murni persaingan, jika masih lemah dan
bergantung pada orang lain tentu akan sulit menjadi pemenang.
2.
Hilangnya Ekonomi Pro Rakyat
Negara terdiri dari sekumpulan masyarakat
dimana didalamnya terdapat tugas dan tanggung jawab negara dalam memelihara dan
menyejahterakan warganya. Ekonomoi menjadi dasar kekuatan suatu bangsa untuk
maju. Jika perekonomian kuat maka kuatlah Negara itu sebaliknya jika ekonomi
lemah maka tinggal menunggu waktu dan hancurlah Negara itu.
3.
Semakin Tergerusnya Nilai Sosial
Indonesia dikenal dengan negara yang kaya,
teruma karena ke-Bhineka Tunggal Ika-nya yang disanjung-sanjung. Masuknya
kebiasaan lain dari Negara yang berbeda tentu akan mempengaruhi sedikit banyak
perilaku masyarakat. Jika nilai sosial yang ada sebelumnya tidak dipertahankan
bukan tidak mungkin kita kehilangan identitas bangsa. Inetraksi sosial antara
masyarakat yang semakin minim akibat kemajuan teknologi. Semakin tingginya rasa
tidak saling percaya antara sesama warga akibat kurangnya rasa saling memiliki
satu sama lain. Semakin mudah nya bangsaini terprovokasi oleh isu-isu yang
belum jelas fakta dan datanya.
4.
Kearifan Lokal yang Semakin
Terlupakan
Indonesia patut bangga karena memiliki
ratusan suku yang di dalamnya tersimpan ribuan kearifan lokal. Itu harta kita,
yang tidak bisa dijual dan tidak dapat ditiru oleh bangsa lain. Jika tidak
mempertahankan kearifan lokal yang ada, bukan tidak mungkin bangsa lain yang
akan mengambil alihnya dan menjadikan bangsa kita hanya sebagai penonton
kemenangna bangsa lain karena sangat dinilaitidak mengenali bangsanya sendiri.
5.
Politik yang tidak Stabil
Politik adala salah satu faktor yang dinilai
dapat mempengaruhi perekonomian suatu bangsa. Bangsa perekonomian yang maju
dapat dilihat dari majunya politik yang dijalankan di negaranya.
Kondisi politik menjadi salah satu pemicu
terjadinya demonstrasi buruh besar-besaran. Karena setiap
ada pergantia pemimpin, setiap itulah kondisi politik tidak stabil. Momen itu
dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menggoyahkan
pemerintahan dengan menantang semua perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya
antara pemerintahan semya perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya antara
pemerintah dengan investor sehingga mengakibatkan semakin hilangnya kepercayaan
bangsa lain untuk mengikat hubungan bisns dengan Indonesia.
Sumebr:
m.kompasiana.com>rodamen.blogspot.com
00.46 |
Category: |
0
komentar
Comments (0)